Tentang Sekolah

SEJARAH SINGKAT

SMK Negeri 3 Kotabumi didirikan berdasarkan SK 217/0/2000    merupakan sekolah yang mendapatkan bantuan hibah Jepang (OECF) diresmikan pada tanggal 24 Februari 2000 oleh Menteri    Pendidikan Nasional  Republik Indonesia  Dr.Yahya A.Muhaimin.

Keberadaan SMK Negeri 3 Kotabumi merupakan wujud nyata dari perjuangan tak kenal menyerah Pemerintah daerah yang mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan tokoh adat di Lampung Utara.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kotabumi berdasarkan SK Direktur pembinaan SMK Nomor : 3714/C5.3/MN/2005 Tanggal 11 Nopember 2005 telah ditetapkan menjadi SMK bersetandar Nasional/Internasional untuk bidang keahlian Teknik Pemesinan. Selain itu SMK Negeri 3 Kotabumi juga memiliki kompetensi            keahlian yang didukung dengan sarana prasarana yang memadai, kompetensi keahlian yang lainnya adalah : Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Multimedia

Tahun Pelajaran 2017/2018 SMK Negeri 3 Kotabumi menerima siswa baru jalur prestasi Akademik dan Non Akademik, Siswa/Siswi SMP/SLTP /MTs, hal ini diharapkan mampu menjaring siswa/siswi yang berprestasi dan mampu menjembatani keinginan siswa/siswi lulus SMP/SLTP/MTs untuk masuk ke SMK guna mengembangkan bakat dan penggalian potensi dalam dirinya untuk menjadi pribadi yang mandiri,  profesional dan yang paling utama menjadi manusia yang beriman, sebagaimana Visi, Misi dan Tujuan SMK Negeri 3 Kotabumi.

VISI, MISI dan TUJUAN

Adapun Visi, Misi dari SMK Negeri 3 Kotabumi adalah sebagai berikut

I. Visi

Menjadikan SMK Negeri 3 Kotabumi sebagai sekolah Unggul,  Berbudaya dan Berkarakter serta berwawasan lingkungan yang  berlandaskan IMTAQ dan IPTEK

II. Misi

  1. Mengembangkan institusi dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
  2. Mengembangkan kurikulum nasional bersama pengguna  tamatan serta memvalidasi sesuai tuntutan  pasar kerja dan perkembangan IPTEK.
  3. Melaksanakan diklat dengan pendekatan Competency Based Training (CBT) dan Production Based Training (PBT)  untuk memberi peluang tamatan berwirausaha atau bekerja di industri
  4. Mengembangkan fasilitas yang memadai untuk menunjang praktik dasar dan lanjut sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
  5. Mengembangkan SDM yang bertumpu pada profesionalisme, kompeten dan berdedikasi tinggi
  6. Meningkatkan kerjasama dengan pengguna tamatan untuk   menambah jumlah penyerapan tamatan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
  7. Mengembangkan Program yang terintegrasi melalui kegiatan pendidikan akhlak mulia, berwawasan lingkungan, sekolah hijau (go green) sesuai dengan budaya dan karakter bangsa.

TUJUAN

  1. Mengembangkan  organisasi  sekolah   yang   tersistem untuk  menjadi lembaga diklat yang bermutu dan               profesional serta selalu me-ngupayakan peningkatan kualitas SDM dan etos kerja sesuai perkembangan IPTEK
  2. Menyiapkan tamatan yang memiliki iman dan taqwa, berkepribadian unggul dan mampu mengembangkan diri dengan penyelenggaraan diklat bertaraf nasional.
  3. Menghasilkan tamatan yang kompeten, profesional dan mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  4. Menjadi  salah  satu  sumber  informasi  IPTEK bagi industri -industri lokal, khususnya industri kecil dan menengah.
  5. Mengembangkan kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan institusi pasangan dan masyarakat dalam bisnis dan unit produksi.